20160113

Random Post #02 - Tentang Opening, Insert Song, Soundtrack dan Lagu di Tokusatsu

Eh, jadi gini, cok. Ane juga penggemar tontonan tetangga sebagai selingan (baca : Anime). Banyak perbedaan memang (yaiyalah! satu animasi, satu adegan langsung :v), hanya ada kemiripan sedikit-sedikit, bahkan di penulisnya yang sama sekalipun. Contohnya Fate/Zero vs Kamen Rider Gaim yang sama-sama ditulis oleh Gen Urobutchi. Fate/Zero yang dari awalnya memang sudah gelap, makin enak dan asyik dan digelapkan lagi oleh Urobutcher. Sedangkan Gaim, diawali oleh para Beat Rider yang menari riang gembira kemudian diakhiri oleh perang dua-orang-sedikit-lagi-jadi-dewa.

Tapi, ada satu perbedaan yang ane rasa paling terasa, seperti jurang di darat, dan palung dilaut, antara Anime dan Tokusatsu sendiri. Apa itu? Yaitu...





Pengisi Opening/Closing, Insert Song, Soundtrack dan Lagu.



######
Ditulis berdasarkan opini koplak penulis yang masih buta soal musik jepun.




Yang terakhir, Drive Girl masuk. Ghost? Kita tunggu aje...


Satu hal yang ane sadari dari para artis-artis pengisi lagu-lagu di Toku (dalam hal ini, ane persempit di KR dan SS), kurang punya nama besar di dunia industri musik Jepang. Contoh pengisi opening Kamen Rider Ghost sendiri yang ane gak familiar dengan namanya.

Okelah, ada nama-nama besar macam Gackt, Mitsuru Matsuoka, ISSA, Rider Chips, dan sebagainya. Then, jika nama-nama tersebut diadu oleh para pengisi lagu-lagu di Anime macam Oldcodex, Granrodeo, Eir Aoi, LiSA, dan bahkan sekelas sudah lumayan internasional, L'Arc En Ciel yang sempat mengisi opening (atau closing, ane lupa) dari Rurouni Kenshin/Samurai X.

Sebenarnya ada nilai plus dari Tokusatsu (rider terutama), karena hampir ada karakter yang mengisi entah itu opening, ending, atau insert song. Yang bisa membuat seri tersebut "sangat menyatu" antara lagu dan pemeran itu sendiri. Paling ane suka adalah Gaim Music Arms, hampir semua karakter yang muda ikut menyumbang suara sumbang.

Dan juga, ada gebrakan dari Ishimori Pro dengan membuat grup Idol, Kamen Rider Girls. Mereka ikut meramaikan dunia musik serta peridolan yang sudah beberapa tahun belakangan dimonopoli 48's Family.

Dan, rata-rata pengisi lagu dalam Tokusatsu (KR), berada dalam satu Production House, Avex Trax.

Dan satu lagi faktor kenapa lagu-lagu Toku tidak didukung oleh artis jepun yang asoy, IMHO, Anime sudah bisa dibilag worldwide, sedangkan Tokusatsu belum. Dibuktikan (salah satunya) dengan belum adanya figure SHF/RAH bootleg Tokusatsu. :v



Walaupun begitu, ane berharap beberapa musisi sedap Jepang mau dan tertarik mengisi lagu-lagu di Tokusatsu.

Bayangin aja, X-Japan ngisi opening Super Sentai, dan One Ok Rock ngisi opening Kamen Rider, serta LiSA ngisi openingnya Ultraman.

Kan sedap cok!


Wis, segini aja ye. Ane mau tidur.

Oyasuminasai!

0 comments:

Post a Comment