20170708

Review : Kamen Rider Amazons (Season 2)

Musim pertama sukses dengan banjiran pujian dan acungan jempol, bagaimana dengan musim keduanya ini?

Dua tiga Kamen Rider Amazons...
SPOILER ALERT BOS!

Melanjutkan kisah sebelumnya, musim kedua mengambil waktu lima tahun setelah musim pertamanya. Dimana setelah kejadian Tlaloc, Amazonz tetap ada dan mengancam manusia. Bersamaan dengan itu, lahirlah 4C sebagai ganti dari Nozama Pharmachy dan anak muda baru bernama Chihiro untuk membasmi Amazonz yang masih tersisa dan spesies yang baru.

Story :

Masih di waktu dan tempat yang sama, kota ini diperkenalkan kembali dengan Amazonz, tim pembasmi, dan jagoan baru. Ada Sel Lysogen sebagai biang kerok dari orang-orang yang tadinya bukan Amazonz malah jadi Amazonz. Amazonz baru ini tadinya ditangani oleh dua tim. Yaitu yang amatiran Tim X (Kiss?), yang memburu Amazonz cuma buat senang-senang sekaligus cari duit lewat live streaming. Dan yang pro punya 4C, yang merupakan sisa-sisa dari Nozama Pharmacy yang dipimpin oleh Om Yugo Tachibana.

Cerita masih digiring ke arah yang sama, yaitu memburu Amazonz serta menguak misteri dibaliknya. Tapi, dengan hadirnya dua protagonis Chihiro dan Iyu, cerita menjadi jauh lebih menarik. Dimana Chihiro berusaha mengabaikan segala fakta bahwa dia adalah Amazonz dan mencoba menjadi manusia dan mengajak Iyu untuk ikutan juga. Ya, Iyu, Amazonz tipe Sigma alias Amazonz dari yang mati. Drama dan romance kentang lumayan membuat ane geram-geram unyu.

Misteri tetang Lysogen dan Amazonz mengarah ke komplotan Amazonz versi sebelumnya yang memang sengaja menyebarkan sel itu untuk menambah "kawan" mereka. Komplotan ini dipimpin oleh si culun Mamoru yang sekarang jadi sok keras... padahal masih memble. Yang nantinya akan bereuni (baca : bertarung) dengan tim lamanya, Nozama Peston Service. Juga, muncul lagi dua Amazonz senior, Haruka dan Jin yang masih sangat berpengaruh sekali ke seri ini. Bukan hanya Haruka saja, tapi semuanya yang masih hidup di musim pertama masih berhubungan dengan yang ini.

Dan yang kerennya, setup untuk cerita musim kedua ini sudah ada jauh di musim pertama. Dimana di episode pertama kita tahu Om Jin adalah Amazon yang tinggal bareng dengan seorang manusia, Nanaha-san. Yang nantinya akan melahirkan... Chihiro yang lebih-lebih lagi akan menjadi akar huru-hara di musim kedua.

Kali ini ceritanya lebih digali lebih dalam dan dark abis. Contohnya di episode Rambling Roses, dimana ada pasturi Amazonz dan manusia, yang mana si istri benar-benar peduli terhadap suaminya yang Amazonz. Termasuk memberinya makan kepala orang dan kepalanya sendiri pada akhirnya.

Gore, drama, plot twist, cerita yang semakin gelap, dan dan sisa-sisa dari musim pertama berhasil diperas dan menghasilkan cerita yang lebih baik dari musim pertamanya.

Cast & Character :

Untuk para tokoh dari musim pertama tidak banyak yang berubah, terutama Haruka dan Jin. Mereka masih lurus-lurus saja pada prinsipnya. Haruka tetap ingin melindungi Amazonz dan mengubah persepsi orang-orang mengenai mereka agar bisa hidup berdampingan dengan damai. Jin-san tetap ingin memburu dan membunuh semua Amazonz, tidak peduli itu siapa, termasuk anaknya sendiri, termasuk perempuan yang mengekorinya kemana saja selama ini.

Paling banyak berubah adalah Mamoru dan Mizuki. Mamoru berubah drastis setelah dia sadar penuh dia adalah Amazonz yang memakan tangan Om Kazuya yang akan diburu terus sampai mati. Jadi, dia jadi Amazonz yang semestinya, setengah semestinya sih. Enggak makan manusia sejak kejadian tangan Om Kazuya dan masih setengah-setengah ketika berhadapan dengan Om Shido dkk. Kemudian, ada Mizuki-chan yang secara mengejutkan berlatih menjadi prajurit sejak saat itu, membawa bedil kemana-mana dan menondongkannya ke Haruka. Walau tetap setengah matang dan membiarkannya pergi...

Cast dan Chara di musim kedua jauh lebih asoy. Anak muda kita, Chihiro adalah main rider paling ngeselin. Yaiyalah, lha wong dia masih berumur 4 sampai 5 tahun. Moody, enggak jelas, dan yang tadinya menolak fakta bahwa dia adalah Amazonz malah masih tetap ngences ngelihat darah dan daging manusia segar. Dan tujuan utamanya sepertinya hanya dua, pengen jadi manusia dan bersama Iyu. Yang ironisnya, hanya bersama Iyu yang terwujud, maksudnya mati bersama.

Iyu Hoshino juga menjadi karakter yang menarik di seri ini. Pada awalnya dia lebih datar dari Jun Maehara dulu. Tapi dengan kesabaran, Chihiro berusaha untuk "memanusiakan" yang sudah mati. Hasilnya? Lumayan berhasil dan menohok sampai ke level si "mayat" tadi bisa tersenyum. Ah... the power of love... Kredit khusus untuk Dek Ayana Shiramoto dan scene sehabis-ulang-tahun-ayah itu, bravo!!!

Dari awak 4C, yang paling menarik adalah Om Kurosaki. Sarkastik dan gayanya asyik abis (gile, megang assault rifle satu tangan doang). Sisanya biasa-biasa aja sih hahaha... Eh, tapi Om Tachibana sakti abis yak, abis dipatahin badannya, bisa sembuh lagi.

Masih seperti yang dulu, karakter tetap menarik dan tetap total dalam memainkan perannya.

Concept, Art, Form, Visual :

Ane sempat kecewa dengan darah hitam pekat ala para Amazonz di musim pertama dulu. Ane kira, tim kreatif entah pengen menghadirkan gore kentang dengan sengaja atau memang sengaja agar lulus sensor di Jepang sana. Ternyata tidak. Musim kedua, darah merah segar itu hadir juga dan melengkapi yang harusnya ada di serial ini.

Form Amazon Neo menurut ane bagus-bagus aja. Tapi, agak enggak guna kalau dipakai Omega. Karena sekilas lihat, Omega dan Neo punya kekuatan yang seimbang. Mungkin, kerjaan orang Band*i aja kali ya, demi nambah-nambahi merchandise hahaha...

Misc :

Enggak ada peningkatan sama sekali dari segi CGI. Darah-darah yang hitam pekat itu masih kelihatan belum natural, scene Chihiro lagi ngamok di markas 4C juga banyak yang agak terganggu dengan kurang mulusnya CGI yang dihadirkan. Seharusnya dengan warna-warna gelap yang dihadirkan, CGI bisa dipoles lebih bagus lagi.


Summary:
8.9/10

Yah, kalau menurut ane, seri ini masih sama baiknya, tapi belum berusaha untuk melebihi musim pertamanya. CGI yang sama dan ending yang cliffhanger abis, ditambah dua protagonis utama, Chihiro dan Iyu mati alias cuma numpang lewat di musim ini. Seakan, musim kedua ini semacam spin-off doang. Walau begitu, kemungkinan seri ini lanjut lagi sangat besar dimana Om Tachibana yang mengultimatum 4C kalau kerjaan mereka belum tuntas. Om Jin dan Haruka juga belum mokad dan Amazonz Lysogen belum semuanya dibasmi. Jadi untuk sementara, yah... Kamen Rider Amazons belum sampai pada puncaknya dan masih banyak yang mesti diselesaikan pada seri selanjutnya.

Cheers!
Kurosaki : Udah kelar sutingnya woi, ntu perban lepas napa?
Fudamori : Ogah ah. Nah lu, udah kelar suting masih nyuruh-nyuruh.

Kita dan Senja~

Best girl!

Terimakasih orang-orang TO*I yang tetap mau memberikan tayangan Toku yang non jualan mainan. Dan sampai ketemu lagi di musim selanjutnya, mudah-mudahan tambah bagus. Jangan lupa, tetap pasarkan yang beginian ke dunia dan Murica!!!

BWT, enggak ada bonus alternate head buat Amazon Alfa ditu buat yang mesen SHF Amazon Neo atau New Omega?


Jaa nee!




sumur gambar : Twitternya Kamen Rider Amazons sama Ayana Shiramoto

0 comments:

Post a Comment